Menentukan Besaran Tabungan Pernikahan dan Cara Mengumpulkannya

Menentukan Besaran Tabungan Pernikahan dan Cara Mengumpulkannya
Rencana pernikahan yang sehat adalah menggunakan uang sendiri tanpa harus mengutang. Rekanan Wedding akan membantumu menentukan besarnya tabungan pernikahan.

Pernikahan adalah langkah yang sangat besar. Sesuatu dalam hidup yang harus kamu putuskan dengan matang-matang.

Tak hanya perihal mencari jodoh, namun mengumpulkan dana menikah juga tak kalah penting. Agar bisa segera memulai, ini tips yang bisa dilakukan!

1. Menentukan besaran tabungan

Inilah yang paling penting, menentukan besaran tabungan pernikahan. Kamu bisa menabung sebesar apapun, tergantung dengan kemampuan dan kemauanmu.

Namun yang disarankan adalah sekitar 1/5 dari total pendapatan bulanan. Namun jika ada banyak keperluan wajib yang harus dibayar, maka bisa masukkan sisanya saja.

Nah, agar tidak diganggu gugat, usahakan untuk menempatkan di rekening sendiri. Hindari membuat akun m-banking agar tidak tergoda menggunakannya.

Selain itu, simpan baik-baik buku tabungan dan kartu debit dari tabungan tersebut. Kalau perlu, jangan dibawa di dalam dompet. Dengan begitu, uang yang ada di sana tak akan digunakan dalam suatu waktu.

2. Memasukkan jika ada pendapatan tambahan

Jika kamu sudah ingin menikah, alangkah baiknya jika mengalokasikan pendapatan tambahan ke dalam budget pernikahan.

Misal ternyata ada proyek dan untungnya cukup besar, jangan ragu untuk memasukkannya ke dalam tabungan pernikahan. Dengan begitu, kamu bisa segera mengumpulkan dana dan menyelenggarakan pernikahan impian dengan pasangan tersayang.

3. Berhemat untuk hal yang tak perlu

Agar budget cepat terkumpul, penting sekali untuk tetap berhemat. Hindari jajan yang tidak perlu. Apalagi sekadar belanja hanya karena tergoda harga murah.

Tahan keinginan untuk menambah barang untuk hobi dan sejenisnya.

Semakin berhemat, semakin cepat kamu bisa mengumpulkan dana pernikahan.

4. Tentukan tenggat waktu

Agar tidak malas dan merasa santai-santai saja, tentukan kapan tenggat waktu harus menyelesaikan tabungan. Kamu bisa menentukan bersama pasangan, atau sendiri saja.

Bisa satu tahun, atau lebih. Dengan begitu, kamu bisa lebih terpacu dalam memenuhi jumlah tabungan.
Jika tak ada tenggat waktu, kamu bisa membuat banyak alasan untuk tidak menabung di akun khusus tabungan pernikahan tersebut. Jadi, pastikan untuk menentukan tenggat waktu, ya!

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan dana menikah. Semakin cepat semakin baik!