Agar Tidak Kaget, Ini 5 Hal yang Harus Disiapkan Setelah Menikah

Agar Tidak Kaget, Ini 5 Hal yang Harus Disiapkan Setelah Menikah
Menikah tidak sekadar menyelesaikan resepsi. Lebih jauh lagi, ada banyak hal yang harus disiapkan setelah menikah. Apa saja, ya?

Keriaan pernikahan tak sekadar selesai resepsi. Namun yang sebenarnya adalah kehidupan setelah resepsi selesai. Kini bahtera rumah tangga kamu berdua yang akan menjalaninya.

Menyatukan dua insan yang berbeda tidaklah mudah. Maka dari itu, Rekanan Wedding akan memberikan contekan apa saja yang bisa disiapkan setelah menikah.

1. Berbagi waktu dengan pasangan

Jika selama ini kamu selalu menghabiskan waktu sendiri untuk melakukan segalanya, kini pikir kembali. Sebelum lembur kerja sampai malam, ingat ada pasangan yang menunggu di rumah.

Misal ingin main dan melakukan hobi sepanjang weekend, pertimbangkan perasaan pasangan. Tanyalah, apakah ia keberatan atau tidak.

Menikah juga termasuk berbagi waktu dengan pasangan. Jika tidak bijak menyikapinya, bisa jadi sumber masalah, lho!

2. Membiasakan diri dengan sifat masing-masing

Ada beberapa kebiasaan yang mungkin belum terasa mengganggu saat sebelum menikah, dan ternyata bisa sangat mengganggu setelah menikah.

Beberapa di antaranya adalah kebiasaan mendengkur, kebiasaannya dalam menjaga kebersihan, sampai kebiasaan cara makannya yang ternyata cukup mengagetkan.

Kamu menikah termasuk dengan segala kebiasaannya itu Tak ada guna memprotes dan memaksanya untuk berubah, kamu bisa mulai untuk membiasakan diri dengan pasanganmu terlebih dahulu.

Masalah ia akan berubah atau tidak, bisa dilakukan secara perlahan seiring berjalannya waktu. Memberikan ruang toleransi untuk kebiasaan pasangan juga hal penting untuk menghindari pertengkaran.

3. Mengenali tanggung jawab masing-masing

Saat menikah, ada peran baru yang dipegang yaitu peran sebagai suami dan sebagai istri. Masing-masing punya hak dan tanggung jawabnya sendiri.

Sangat penting untuk mengetahui tanggung jawab dalam perannya masing-masing. Sehingga, tidak ada ketimpangan dalam menjalankan rumah tangga.

Meski aturan setiap pasangan bisa berbeda, namun sebaiknya membicarakan dengan baik apa saja kira-kira tanggung jawab dan hak kamu dan pasangan.

4. Keterbukaan tentang keuangan

Ada beberapa orang yang masih enggan terbuka keuangannya meski dengan calon pasangan hidupnya. Setelah menikah, ada baiknya kamu mulai terbuka dan memberikan informasi sebenarnya mengenai keadaan keuangan masing-masing.

Ini berpengaruh pada rencana kalian apakah ingin membeli rumah atau membeli mobil. Berpengaruh juga pada biaya persalinan, tabungan, dan lainnya.

5. Malam pertama yang tak seindah bayangan

Banyak yang menyangka malam pertama akan berlangsung super romantis dan juga super hot. Nyatanya, tidak semuanya begitu.

Di Indonesia, pelajaran tentang seks masih dianggap tabu sehingga tidak heran jika ada banyak orang dewasa yang masih kikuk melewati malam pertama.

Jadi, turunkan ekspektasi kamu, ya!

Itulah beberapa hal yang bisa jadi bayangan seperti apa kehidupan setelah pernikahan. Siapkan dengan matang, ya!