7 Biaya Tak Terduga saat Menyiapkan Pernikahan

7 Biaya Tak Terduga saat Menyiapkan Pernikahan
Menyiapkan biaya pernikahan memang hal yang serius. Selain membuat daftar pengeluaran yang sudah pasti, penting juga menyiapkan biaya tak terduga saat menyiapkan pernikahan.

Biasanya dalam setiap daftar rencana keuangan, disiapkan biaya tak terduga. Ini disiapkan agar jika ada sesuatu yang diluar dari rencana, bisa menggunakan biaya tersebut.
Dalam urusan persiapan pernikahan, ada beberapa biaya yang bisa kamu amati. Bahkan, bisa disiapkan dari sekarang agar biaya tak terduga makin besar.

Dirangkum Rekanan Wedding, inilah daftar biaya tak terduga saat menyiapkan pernikahan.

1. Tambahan seragam

Kamu tak pernah tahu apa yang ada di pikiran para keluarga besar. Bisa saja hari ini memutuskan cukup 10 orang untuk pagar bagus, namun beberapa waktu sebelum hari H tiba-tiba minta tambah lagi.

Inilah yang harus kamu perhatikan. Terlebih jika seragamnya adalah sewa, maka akan lebih mudah menambahkannya.

Kamu harus menghitung kira-kira berapa keseluruhan keluarga yang harus atau akan minta disewakan. Dengan begitu, saat ada tambahan, kamu tak perlu bingung mencari dana dari mana lagi.

2. Tambahan makanan




Kadang, ada saja keperluan untuk menambah undangan. Hal ini tentu berpengaruh sekali pada tambahan makanan yang akan disajikan.

Biasanya hal ini terjadi pada technical meeting terakhir. Baik dari orangtua atau dari kamu sendiri yang menimbang untuk menambah jumlah porsi makanan.

Pastikan untuk menyiapkan biaya makanan yang paling maksimal. Sehingga, saat ada penambahan, kamu tak perlu pusing lagi.

3. Sewa rumah atau kamar hotel

Beberapa keluarga bisa saja datang dari luar kota atau tempat yang jauh. Maka dari itu, penting sekali untuk menyiapkan biaya untuk sewa rumah atau kamar hotel untuk mereka.

Meski hanya untuk tempat transit atau ganti baju, tetap saja barang-barang harus ditinggal sementara. Jadi, penting untuk menyiapkan dana sewa tempat ini.

4. Tambahan make up


Freepik
Freepik


Kadang ini yang sering kecolongan. Sudah mendaftar total orang yang akan di make up, berakhir ada beberapa tambahan orang.

Kamu bisa berkoordinasi dengan pihak sanggar atau MUA mengenai hal ini. Akan lebih baik jika kamu memberikan spare untuk orang yang mungkin tiba-tiba minta di make up.

Misal, berikan spare biaya untuk 5 tambahan make up, sehingga kamu bisa menyiapkan biayanya setelah acara selesai. Jika lebih dari 5, kamu bisa meminta pihak MUA untuk menolak secara halus.

5. Biaya kebersihan tambahan

Di beberapa venue acara, kamu akan diminta biaya tambahan untuk membersihkan karangan bunga yang biasanya dikirim oleh teman dan kerabat.

Kamu memang tak bisa mengatur siapa saja yang akan mengirimkannya. Jika ternyata memang banyak yang mengirim, berarti kamu perlu jasa membersihkan.
Siapkan biaya tambahan ini sehingga kamu tak bingung menyiapkannya di kala sibuknya membereskan barang selesai acara.

6. Penggunaan vendor yang bukan rekanan

Bisa saja kamu sudah terlanjur jatuh cinta dengan vendor pilihan namun ternyata tidak rekanan dengan venue yang kamu pilih.

Hal ini tentu menimbulkan kebimbangan. Karena jika bukan rekanan biasanya ada charge tambahan yang harus kamu bayar.

Semakin banyak vendor yang bukan rekanan, maka semakin besar charge yang akan dikenakan.
Pikirkan baik-baik, ya!

7. Extra time

Satu lagi hal yang tak terduga adalah jalannya acara. Ada kalanya kamu harus pasrah saat acara dimulai dengan jadwal yang lebih lambat.

Begitu juga saat sudah hendak selesai namun ternyata masih banyak tamu. Mau tak mau kamu harus membayar extra time.

Agar tidak senewen, siapkan saja uang untuk extra time dan kumpulkan dalam daftar biaya tak terduga. Jika tak digunakan, maka uang itu bisa untuk yang lainnya. Namun jika ternyata digunakan, kamu tak bingung lagi mencari sumber dana tambahan.

Itulah beberapa biaya tak terduga yang bisa kamu siapkan agar rencana pernikahan kamu semakin matang.